Faktor yang menentukan ukuran sampel dan contohnya adalah:
a.
Pentingnya keputusan.
b.
Sifat dari penelitian.
c.
Jumlah variabel
d.
Sifat dari analisa.
e.
Ukuran sample dalam penelitian
sejenis
f.
Tingkat luasnya akibat.
g.
Tingkat penyelesaian.
h.
Keterbatasan sumber.
Umumnya,
untuk keputusan yang lebih penting, banyak informasi yang diperlukan, dan
informasi yang akan diperoleh sangat tepat. Sifat dari penelitian juga
mempengaruhi ukuran sample. Untuk explaratory research design, seperti
yang digunakan dalam riset kualitatif, ukuran sample adalah khusus kecil.
Untuk conclusive research, seperti survey deskriptif, sample besar
yang akan digunakan.
Keputusan
tentang ukuran yang digunakan juga ditentukan oleh pertimbangan-pertimbangan
keterbatasan sumber daya yang tersedia, misalnya masalah biaya dan waktu yang
terbatas. Keterbatasan yang lain termasuk ketersediaan personel yang
berkualitas untuk mengumpulkan data. Faktor terpenting dalam menentukan
ukuran sampel yang dibutuhkan untuk mengestimasi sebuah parameter populasi
adalah ukuran dari varians populasi. Semakin besar dispersi atau varians
dalam populasi, semakin besar pula jumlah sampel yang diperlukan untuk
menghasilkan ketepatan estimasi (Cooper & Emory : 1995).
Walaupun
periset pemasaran seringkali dipengaruhi oleh keuangan dalam keputusan
terhadap ukuran sampel, pada beberapa kejadian dia akan menghitung ukuran
sampel yang diperlukan dalam rangka untuk memberikan dia terhadap keluasan
interval yang dia inginkan dan derajat kepercayaan yang diinginkan.
Hubungan antara tiga pertimbangan ini telah siap timbul jika diketahui bahwa
(untuk populasi terbatas) setengah dari lebar estimasi interval (h) adalah
sama dengan z.^x. Dalam persamaan ini simbol untuk x
estimasi dinyatakan sebagai z ^sx. dan h = zs^x = zs^/Ön.
Simpangan
baku harus merupakan suatu angka estimasi karean sampel tidak akan
terpilih sementara periset mencoba untuk memutuskan ukuran sampel.
Biasanya estimasinya tentang simpangan baku akan berdasarkan pada pengalaman
sebelumnya dalam bekerja dengan populasi yang sama.
Tiga komponen
tentang hubungan di atas membentuk dasar untuk mengijinkan periset dalam
mengembangkan dua tingkat yang diinginkannya pada saat yang ketiga diijinkan
untuk mencari tingkatnya sendiri. Jika periset menetapkan kepercayaan (z)
yang dia inginkan dan ukuran interval, dia harus kemudian terikat pada ukuran
sampel yang telah ditetapkan dengan persamaan yang dapat dinyatakan dalam
bentuk n
n = z²
^s²/h²
Contoh
Periset
berharap untuk mengambil suatu sampel dari populasi tetapi sedang mencoba
memutuskan berapa besar sampel yang akan diambil. Dia memutuskan untuk
suatu tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dan juga menginginkan lebar
intervalnya tidak lebih besar dari 5. Jika dia mengestimasi bahwa
populasinya memiliki suatu simpangan baku sebesar 7, berapa besar sampel yang
akan diperlukan?
Pemecahan:
n = z² ^s²/h² = (1.96)²(7)²/(2.5)² = 30.1
Dengan dasar pada perhitungan ini periset akan
mungkin memilih pendekatan konservatif untuk kebutuhannya dan menetapkan
ukuran sampel sebesar 31.
Pada kasus populasi terbatas, harus dicatat bahwa
keputusan pada ukuran sampel mungkin (jika n 0.05 N) membutuhkan
penyelesaian untuk n dalam persamaan:
h = z.sx = z. .
Jika bekerja dengan proporsi maka perlu dicatat
bahwa interval setengah dinyatakan sebagai:
h = z.sx
h = z
Jika diselesaikan untuk n persamaan ini:
z² (pq)
n =
h²
Karena periset belum memiliki nilai sampel untuk p
dan q, dia membuat estimasi untuk kedua komponen
tersebut. Kekurangan akan dasar untuk mengestimasi dia mungkin akan mengambil
pendekatan konservatif untuk menjamin bahwa dia mendapatkan suatu sampel yang
cukup besar. Dalam kasus estimasi sehubungan dengan proporsi,
pendekatan ini memakai untu nilai p = 0.5 dan q = 0.5. Yang perlu
dicatat bahwa hasil kali p dan q adalah pada tingkat terbesar jika p =
0.5. Jika hasil kali adalah pada hasil terbesarnya, ukuran sampel
adalah terbesar.
|
Thursday, 31 May 2018
FAKTOR YANG MENENTUKAN UKURAN SAMPEL DAN CONTOHNYA
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Featured Post
Superior Posting
-
2 contoh judul penelitian sosial deskriptif · Pengaruh karakteristik wirausahawan terhadap tingkat keberhasilan ...
-
Hubungan antara jenis, sumber, dan teknik pengumpulan data adalah Sumber data terbagi menjadi dua yaitu data primer dan...
-
Metode pemilihan sampel probabilitas lebih memungkinkan memperoleh sampel yang representatif daripada metode pemilihan sa...
-
Kriteria masalah penelitian yang mempunyai signifikansi secara teoritis dan praktis · adanya dukungan konsep-k...
-
Pengertian unit analisis dalam penelitian adalah satuan tertentu yang diperhitungkan sebagai subjek penelitian. Dalam peng...
No comments:
Post a Comment