Thursday 31 May 2018

JENIS VARIABEL DAN CONTOHNYA


·       Variabel independen dan contohnya
suatu atribut atau nilai dari seseorang atau objek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu dan ditetapkan oleh peneliti untuk diselediki dalam penelitian.
kata 'badan' (bukan variabel), sementara 'tinggi badan' (variabel) hal ini karena berat badan satu orang dengan orang lainnya berbeda (memiliki variasi)
·       Variabel dependen dan contohnya
suatu variabel yang nilainya dipengaruhi atau bergantung pada nilai dari variabel lainnya.
Variabel dependen / terikat ini sering disebut juga sebagai variabel output, kriteria, konsekuen. Disebut Variabel Terikat karena variabel ini dipengaruhi oleh variabel bebas/variabel independent.
Terdapat pengaruh kualitas pelayanan jasa dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Variabel dependen : loyalitas pelanggan
·       Variabel intervening dan contohnya
variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen menjadi hubungan yang tidak langsung dan tidak dapat diamati dan diukur. Variabel ini merupakan variabel penyela / antara variabel independen dengan variabel dependen, sehingga variabel independen tidak langsung mempengaruhi berubahnya atau timbulnya variabel dependen. Hubungan antara Kualitas Pelayanan (Independent) dengan Kepuasan Konsumen (Intervening) dan Loyalitas (Dependen).
·       Variabel kontrol dan contohnya
Variable ini merupakan kendali bagi kedua variable sebelumnya, artinya variable ini netral. Jika akan diberikan variable kontrol, maka kedua variabel sebelumnya akan mendapat perlakuan yang sama dari variable ini.Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan diberikan contoh dari masing-masing variable. Misalnya kit akan meneliti mengenai pengaruh jumlah air terhadap pertumbuhan biji kacang hijau. Maka dalam hal ini, kita kan menemukan 3 variabel yaitu:Variable bebas, yaitu jumlah air. Misalnya kita meletakkan 3 biji kacang hijau di 3 wadah yang berbeda, namun sama besar dan sama bentuknya. Untuk menentukan apakah ada pengaruh jumlah air dengan pertumbuhan biji, maka pada wadah 1 akan diberi 5ml air, wadah 2 10ml, dan wadah 3 15ml setiap paginya.Variable control, untuk variable ini peneliti bisa menggunakan intensitas cahaya yang sama pada ketiga wadah. Misalnya dengan meletakkan ketiga wadah di tempatyang sama, yaitu  yang terkena sinar matahari langsung.Variable terikat, yaitu pertumbuhan bij kacang hijau. Denganberbagai perlakuan tadi, yang diamati adalah pertumbuhan, apakah perbedaan jumlah air tadi akan mempengaruhi pertumbuhan ataukah tidak.

No comments:

Featured Post

Ekspresi Gagal Membuat Video TikTok

Superior Posting